Ini Penanganan Pertama Jika Anda Digigit Ular

Digigit ular adalah pengalaman menakutkan hampir seluruh manusia. Jika anda atau rekan anda digigit oleh hewan melata yang satu ini, maka beberapa tindakan anda bisa saja berdampak signifikan terhadap pemulihan tubuh anda.
Jika anda digigit ular, kuncinya adalah anda harus bertindak cepat untuk mengurangi risiko racun tak menjalar ke bagian tubuh lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan jika digigit ular, dikutip dari SymptomFind, Senin (24/12). Saran-saran berikut berdasarkan anjuran dari peneliti Mayo Clinic, Amerika Serikat.
1. Panggil bantuan
Anda harus tetap tenang dan membuat panggilan bantuan segera mungkin. Misalnya menghubungi rumah sakit atau klinik terdekat melalui sambungan telepon. Langkah berikutnya, anda harus tenang sambil menunggu ambulans menjemput.
2. Tetap tenang
Panik adalah rumus utama yang harus anda hindari jika digigit ular. Jika jantung anda berdetak lebih cepat, maka ini akan meningkatkan penjalaran racun ke seluruh tubuh. Bernapaslah seperti biasa sampai bantuan datang.
3. Cuci bekas gigitan
Gunakan sabun dan air untuk membersihkan bekas gigitan ular di kulit anda. Ini akan membersihkan sisa racun yang tertinggal di permukaan kulit dan mengurangi risiko infeksi.
4. Longgarkan pakaian dan lepas perhiasan
Pakaian ketat atau perhiasan di sekitar wilayah yang digigit ular akan membatasi aliran darah ke bagian tubuh tertentu. Biasanya itu akan menyebabkan pembengkakan. Oleh karenanya, perhiasan seperti jam tangan, cincin, dan gelang sebaiknya dilepas sesegera mungkin.
5. Posisikan jantung lebih tinggi
Anda harus memastikan bahwa bagian tubuh yang digigit ular harus lebih rendah dari jantung anda. Hal ini untuk membatasi aliran darah yang membawa racun di area bekas gigitan dengan cepat membawa racun menuju jantung. Ini akan mencegah cepatnya penyebaran racun ke jantung.
6. Ikat area sekitar luka
Anda sebaiknya mengikat beberapa inci bagian tubuh anda di atas bekas gigitan. Ini untuk memperlambat aliran racun ke jantung.
7. Pantau tanda-tanda vital
Anda harus memperhatikan perubahan signifikan terhadap denyut nadi korban juga pola pernapasannya. Pastikan anda melaporkan setiap gejala yang ditunjukkan korban kepada petugas medis.

 

Seseorang terkadang mengalami kesalahpahaman umum tentang pengobatan awal saat digigit ular. Beberapa tindakan berikut adalah tindakan salah yang mungkin saja anda lakukan.
Anda sebaiknya menghindari melakukan tindakan berikut, dikutip dari SymptomFind, Senin (24/12). Saran-saran berikut berdasarkan anjuran dari peneliti Mayo Clinic, Amerika Serikat.
1. Menyedot racun ular
Hal ini sangat mungkin terjadi bahwa seseorang kemudian menghisap racun dari bekas luka gigitan ular. Tujuannya adalah mengeluarkan semua racun melalui mulut mereka. Namun, anda harus tahu bahwa mulut manusia mengandung banyak bakteri yang bisa meningkatkan risiko infeksi bagi korban gigitan.
2. Menangkap ular
Dokter memang terkadang ingin mengetahui jenis ular apa yang telah menggigit korban agar tepat memberi perlakuan medis. Namun, anda sebaiknya meninggalkan ular yang telah menggigit itu sendirian, dibandingkan menangkapnya.
3. Mengompres luka
Gigitan ular memang menyakitkan sehingga tak jarang korban mengompres bekas luka gigitan ular dengan air dingin atau es. Hal ini sebetulnya hanya memperburuk kondisi. Sebab, air dingin atau es akan mendorong racun masuk lebih cepat ke dalam kulit.
4. Membalut dengan torniket
Seseorang terkadang menggunakan torniket pada luka bekas gigitan ular. Torniket adalah balutan yang menjepit sehingga menekan aliran darah. Namun, torniket hanya digunakan untuk pendarahan yang benar-benar hebat. Misalnya, pendarahan pada jantung. Jika anda menggunakannya pada korban bekas digigit ular, maka itu hanya memperburuk keadaan.
5. Memotong bagian tubuh
Kesalahpahaman lainnya adalah terkadang seseorang nekat memotong bagian tubuhnya yang digigit ular. Namun, kenyataannya, tindakan itu tak membantu pengobatan luka sama sekali, melainkan meningkatkan risiko infeksi.
6. Minum alkohol
Beberapa korban gigitan ular terkadang ingin minum alkohol untuk menenangkan syaraf dan mengurangi rasa sakit karena digigit ular. Namun, cara ini hanya akan meningkatkan metabolisme tubuh mereka dan menyebarkan racun ular lebih cepat.

 

sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/12/24/mfifi3-ini-penanganan-pertama-jika-anda-digigit-ular-1 

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/12/24/mfifwc-ini-penanganan-pertama-jika-anda-digigit-ular-2habis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s