Partai Baath

Partai Ba‘ath (juga dibaca Baath atau Ba‘th; bahasa Arab: اﻟﺒﻌﺚ) terdiri dari beberapa partai politik yang mewakili sisi politik gerakan Ba’ath. Pada awalnya Partai Ba’ath berfungsi sebagai partai pan-Arab dengan cabang di beberapa negara Arab. Pada tahun 1996 partai ini terpecah dua, satu cabang berbasis di Suriah dan satu lagi di Irak. Kedua partai Ba’ath ini memiliki struktur yang paralel di dunia Arab.

Partai Ba’ath mulai memegang kuasa di Suriah pada tanggal 8 Maret 1963 dan tetap berpengaruh sampai sekarang; Ba’athis memegang kuasa di Irak sejak Februari 1968 sampai 2003. Setelah penyingkiran de facto pemimpin Baath Saddam Hussein pada perang Irak 2003, pemerintahan yang menduduki Irak melarang Partai Ba’ath pada Juni 2003.

Bahasa Arab kata Ba’ath berarti ‘kelahiran kembali’. Keyakinan Ba’athis yaitu menggabungkan Sosialisme Arab, militerisme, nasionalisme, dan pan-Arab. Ideologi sekulernya seringkali bertentangan dengan pemerintahan Arab lainnya di Timur Tengah, yang cenderung mendukung Islamisme dan teokrasi.

Motto partai ini adalah Wahdah, Hurriyah, Ishtirrakiyah berarti “Persatuan, Kebebasan, Sosialisme”. ‘Persatuan’ berarti persatuan pan-Arab, ‘Kebebasan’ menekankan kebebasan dari pengaruh Barat, dan ‘Sosialisme’ menspesifikasikan pada Sosialisme Arab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s